Rabu, 10 Oktober 2012

Khasiat Sirsak Untuk Kesehatan



Sirsak atau nangka Belanda yang sudah dikenal sejak jaman Pemerintahan Kolonial Hindia-Belanda pada abad ke-19 yang kali pertama dibawa oleh orang Belanda dan Amerika ke tanah nusantara ini semakin banyak dikenal hingga saat ini. Sirsak yang dalam bahasa Belanda disebut sebagai Zuurzak atau yang berarti kantung yang asam, sirsak yang juga memiliki nama latin Graviola atau nama ilmiah lainnya yakni Annona muricata dan banyak sebutan lainnya di berbagai daerah di Indonesia.
Sirsak, buah yang pada umumnya hanya dikonsumsi sebagai buah biasa yang dijadikan sekedar jus yang menyegarkan dan buah pencuci mulut saja yang diperkaya dengan kandungan karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya seperti vitamin C dan vitamiin B2 serta vitamin lainnya. Biji nya mengandung racun, oleh karenanya biji sirsak ini hanya dimanfaatkan sebagai obat insektisida alami atau pestisida nabati untuk mengusir hama tanaman. Namun banyak manfaat lainnya yang didapat dari sirsak yang hampir semua bagian tanaman sirsak dapat digunakan dan dimanfaatkan sedemikian rupa untuk pengobatan.
Berikut ini beberapa jenis gangguan penyakit yang dapat diobati oleh sirsak, diantaranya :
1. Untuk sakit ambeien
Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.
2. Untuk sakit kandung kemih
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak seperti membuat kolak. Kemudian dimakan seperti biasa, dimakan rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
3. Untuk bayi mencret
Buah sirsak yang sudah masak. Ambil daging buah sirsak kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan, 2 kali sehari.
 4. Untuk sakit anyang-anyangen
Buah sirsak setengah matang dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.
5. Untuk sakit pinggang
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
6. Untuk bisul
Daun sirsak yang masih muda secukupnya, ditumbuk hingga halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata, ditempelkan pada bagian bisul.
7. Untuk kanker
10 lembar daun sirsak yang tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel yang tumbuh abnormal (tidak normal) dan membiarkan sel-sel normal lainnya tumbuh.
8. Untuk penyakit liver
Dianjurkan untuk berpuasa makanan lain, hanya minum jus sirsak selama 1 minggu.
9. Untuk eksim dan rematik
Ambil daun sirsak secukupnya, dicuci bersih kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar