Rabu, 05 September 2012

Indigofera spicata: Tanaman Pakan Ternak Toleran Kekeringan dengan kandungan Protein Tinggi




Tanaman Indigofera spicata adalah jenis leguminosa pohon yang selama ini belum dieksplorasi potensinya sebagai hijauan pakan ternak. Penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa produktivitas tanaman ini tergolong tinggi yaitu mencapai 30 ton bahan kering per ha per tahun dengan interval pemotongan 60 hari dan intensitas pemotongan 1,5 m di atas permukaan tanah. Dengan kandungan protein yang tinggi (21-24%) disertai kandungan serat yang relatif rendah dan tingkat kecernaan yang tinggi (77%) tanaman ini sangat baik sebagai sumber hijauan baik sebagai pakan dasar maupun sebagai pakan suplemen sumber protein dan energi, terlebih untuk ternak dalam status produksi tinggi (laktasi, ternak muda pasca sapi). Karena toleran terhadap kekeringan, maka Indigofera spicatadapat dikembangkan di wilayah dengan iklim kering untuk mengatasi terbatasnya ketersediaan hijauan terutama selama musim kemarau. Keunggulan lain tanaman ini adalah kandungan tanninnya sangat rendah berkisar antara 0,6 – 1,4 ppm (jauh di bawah taraf yang dapat menimbulkan sifat anti nutrisi). Rendahnya kandungan tannin ini juga berdampak positif terhadap palatabilitasnya (disukai ternak). Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen panen yang optimal ditinjau dari aspek produktivitas dan kualitas nutrisi  adalah panen pertama dilakukan pada umur 8 bulan disertai dengan frekuensi panen setiap 60 hari dengan tinggi pemotongan 1,5 m diatas permukaan tanah. Produksi yang melimpah selama musim hujan dapat dipreservasi (diawetkan) dengan teknologi fermentasi (silase), sehingga dapat dimanfaatkan selama musim kemarau.

sumber : www.deptan.go.id

5 komentar:

  1. kami peternak domba di daerah klaten jateng, dimana kami bisa mendapatkan bibit indogofera, tolong hubungi H. SUJITO hp 081327117931, 081904755111, 085624946111

    BalasHapus
  2. Selamat pagi pa Sujito,
    di Farm kami juga baru mengembangkan beberapa bulan ini pa, sehingga belum bisa diperbanyak.

    Perbanyakan saat ini biasa dilakukan dengan Biji walaupun dengan stek juga bisa.

    untuk keperluan benih bapak bisa menghubungi :
    1. Bpk DR. Heri di IPB 08159096815
    2. Balitnak Ciawi - Bogor (0251) 8240752

    untuk jenis domba, sebaiknya bapak mengembangkan juga jenis rumput2-an semisal rumput gajah odot. kalau benih stek rumput gajah odot kami sdh bisa melayani pemesanan.

    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/

    BalasHapus
  4. Di sy Rp 1.000/bahan stek 20 cm

    BalasHapus